Sosialisasi bidang Aptika dan Pembentukan Komunitas IT di SMKN 1

Sosialisasi bidang Aptika dan Pembentukan Komunitas IT di SMKN 1

  • 2018-01-09 14:26:49
  • 840064 view
  • Rusyad Anshari

Dalam rangka memasyarakatkan Teknologi Informatika (TIK) kepada para pelajar, bidang Aptika Kominfo Kab. Purwakarta mengadakan kunjungan sosialisasi ke di SMKN 2 yang berlokasi di daerah A. Yani Purwakarta.Dari pihak sekolah SMKN1 diwakili oleh seorang guru Drs senior bernama Oman Kusmana, S.T.

Dalam sambutan pembukaannya Oman Kusmana ST mengharapkan agar momentum ini dimanfaatkan oleh para siswa untuk bisa meningkatkan kemampuannya. Pertemuan ini seperti gayung bersambut, dimana dia selaku guru pembimbing mengharapkan keterlibatan pemerintah daerah untuk ikut membantu dalam peningkatan kualitas siswa dilingkungan SMKN1 Purwakarta yang dia nilai masih kalah jauh dibanding siswa-siswa dari kota-kota besar lainnya.

Dari pihak bidang Aptika, kunjungan ke SMKN 1 Purwakarta ini dipimpin langsung oleh kepala Bidang Aptika Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kab. Purwakarta yaitu Yus Djunaedi Rusli, SSTP, Msi, disertai beberapa pegawai dilingkungan Bidang Aptika.

Dalam pengarahannya Kepala Bidang Aptika Yus Djunaedi, mengatakan bahwa kunjungan team Aptika ini bertujuan untuk menyemangati para pelajar dibidang TKJ dan TPL SMKN1 Purwakarta supaya lebih fokus dalam mendalami ilmunya dan supaya para pelajar membentuk Komunitas IT sesuai dengan bidang minat dan bakat yang dimiliki siswa.

Dalam pengarahannya, Kabid Aptika memaparkan bahwa gaji orang yang bekerja dibidang IT itu berdasarkan riset berkisar dari 1,5 juta sampai 40juta. Semakin ahli dan dibutuhkan maka semakin besar pula gaji yang dia terima. Untuk itu diharapkan agar para siswa mengkhususkan dirinya pada bidang yang sesuai minat dan bakatnya. Pihak Pemda yang diwakili bidang Aptika siap memberikan asistensi dan pelatihan  kepada para siswa dalam belajar di bidang TIK ini. Masih dalam paparannya,

Kabid Aptika menjelaskan bahwa tujuan akhir dari pembentukan komunitas IT ini  diharapkan masyarakat menjadi melek akan penggunaan teknologi informasi untuk mempermudah kegiatan hariannya yang merupakan salah satu tujuan pembangunan Smart City dalam kategori Smart Society atau Masyarakat yang Cerdas. Bidang Aptika berkomitmen siap membantu para siswa dalam mendalami keahliannya apabila komunitas IT sudah terbentuk nanti.

Dalam kunjungan ini Kabid Aptika memberi tantangan kepada para siswa. Tantangan tersebut yaitu siapa saja siswa yang bisa mensetting Router microtic supaya 2 PC yang berbeda IP bisa terkoneksi, akan diberikan reward berupa uang tunai sebesar Rp.50.000,-. Tantangan ini disambut beberapa siswa yang maju kedepan, diantaranya siswa bernama Farhan & Sahrul dan diikuti siswa-siswa lainnya. Diberikan waktu 5 menit untuk menyelesaikan kepada tiap pasangan siswa. Beberapa siswa mencoba mensetting tapi belum ada yang berhasil menyelesaikan. Hal ini dapat dipahami karena mereka belum diajarkan pelajaran ini karena keterbatasan alat yang tersedia.  

Kunjungan ke SMKN1 ini adalah kunjungan kedua dilakukan oleh Bidang Aptika yang baru berdiri sekitar 1 (satu) tahun dilingkungan Pemda Kab. Purwakarta. Rencananya kunjungan ini akan terus dilakukan ke sekolah-sekolah lainnya supaya terbentuk komunitas IT di setiap sekolah. Setelah terbentuk disemua sekolah diharapkan terbentuk masyaraakat IT Kabupaten Purwakarta, sehingga bisa saling berbagi Ilmu dan pengalaman baik antar siswa maupun antar komunitas.Acara ini dihadiri sekitar 80 orang siswa kelas 10 dan 11 yang mendalami bidang Teknik Komputer Jaringan atau TKJ. Usulan pembentukan Komuntas IT ini disambut dengan semangat oleh para siswa yang akan di tindak lanjuti dengan pembentukan komunitas IT di SMKN1 Purwakarta. (Rus)

COMMENTS  1






RAPAT PERSIAPAN PENILAIAN INTERVIEW EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWAKARTA

 

Dinas komunikasi dan Informatika kab. Purwakarta dalam rangka meningkatkan Penyelengaraan

DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari