PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

  • 2021-04-16 14:26:28
  • 34 view
  • Kicky Rizki

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan golabal. Oleh karena itulah, setiap institusi termasuk perpustakaan berlomba untuk mengintegrasikan IT guna membangun dan memberdayakan sumber daya manusia berbasis pengetahuan agar dapat bersaing di Era Global sekarang ini.

Dari perkembangan Teknologi Informasi maka terlahirlah sebuah Perpustakaan berbasis Teknologi atau Komputer yaitu Perpustakaan Digital. Sistem perpustakaan digital merupakan penerapan teknologi informasi sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital Atau secara sederhana dapat dianalogikan sebagai tempat menyimpan koleksi perpustakaan yang sudah dalam bentuk digital.

Kabupaten Purwakarta sendiri telah memiliki Perpustakaan Digital yang diresmikan pada tahun 2019. Secara nasional, perpustakaan digital sudah ada di sejumlah wilayah Indonesia. Akan tetapi untuk di Jawa Barat, Purwakarta menjadi daerah pertama yang memiliki perpustakaan digital.

Di temui dikantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mohammad Ramdhan Selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengatakan, Perpustakaan Digital yang telah dua tahun dibangun ini, mendapatkan apresiasi dari masyarakat Purwakarta. Ditambah lagi pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, bisa dilihat dari banyaknya jumlah Anggota e-Perpus yang mencapai 1.066 hingga hari ini, sedangkan untuk jumlah konten atau buku digital sebanyak 2.701 eksemplar, pada 2020 jumlah buku yang tersedia pada Aplikasi e-Perpus bertambah menjadi 32.489.

“Dimasa Pandemi seperti sekarang ini, banyak mahasiswa, pelajar dan masyarakat yang menggunakan aplikasi perpustakaan digital untuk mengisi waktu saat dirumah saja. Buku elektronik yang terdapat pada aplikasi perpustakaan digital ini sangat efektif untuk pemustaka yang haus akan membaca, dikarenakan rasa keinginan untuk membaca yang cukup tinggi”. Ujar Mohammad Ramdhan

Perpustakaan digital menjadi salah satu sumber informasi atau pengetahuan yang dapat di akses secara virtual. Perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang berbentuk electronic library yang memiliki koleksi buku dalam bentuk elektronik atau biasa di sebut e-Book. Perpustakaan digital dapat di akses di komputer ataupun gadget lainnya kapanpun dan dimanapun, sehingga masyarakat tidak perlu keluar rumah dan bisa mendapatkan informasi ataupun pengetahuan secara mudah. (Ky)

 

COMMENTS  0






DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa,

DISKOMINFO SELENGGARAKAN SOSIALISASI WEBDESAKU

Dinas Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan webdesaku pada akhir bulan