Diskominfo Siap Dukung Pengimplementasian Siswakeudes

Diskominfo Siap Dukung Pengimplementasian Siswakeudes

  • 2022-07-06 17:46:52
  • 359 view
  • Diskominfo

 

Purwakarta menjadi salah satu dari 10 kabupaten/kota di Jawa Barat yang sudah melaksanakan Aplikasi SIstem Pengawasan Keuangan Desa (Siswakeudes), Rabu, 6 Juli 2022. Siswakeudes dibuat dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, maka Siswakeudes ini dihadirkan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam melakukan pengelolaan dan mempertanggungjawabkan kewajibannya terhadap dana desa.

Siswakeudes yang digunakan oleh inspektorat ini berbasis manajemen resiko, sehingga dapat membantu Auditor dalam menyorot desa-desa yang dianggap beresiko tinggi dalam hal mengelola keuangannya. Siswakeudes ini dianggap penting dalam melakukan pengawasan terhadap keuangan desa karena dapat mempermudah kinerja Auditor.

“Kami menyebar Auditor ke 183 desa yang ada di Kabupaten Purwakarta. Sekarang pemeriksaan baru dalam tahap on the desk. Selanjutnya akan muncul level resikonya. Kemudian dari situlah disaring dan dipilih desa yang termasuk resiko tinggi yang nantinya akan kami datangi. Jadi kami tidak akan mendatangi semua desa”. Ujar Kokon Zarkoni, ST, MT selaku Inspektur Pembantu wilayah I.

Sedangkan Yus Djunaedi Rusli, S.STP, M.Si yang merupakan Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Purwakarta mengatakan bahwa Diskominfo siap untuk memberikan dukungan berupa infrastruktur Teknologi Informasi di antaranya server internet, dan dukungan teknis terkait implementasi aplikasi Siswaskeudes secara online.(Diskominfo Purwakarta)

COMMENTS  0






[SIARAN PERS] Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin

Bimbingan Teknis Implementasi Panduan Desa Anti Korupsi Kabupaten Purwakarta Tahun 2024

Rabu, 06 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta mengikuti Bimbingan Teknis

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025

Rabu, 06 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Musyawarah Perencanaan

Rapat Koordinasi Transformasi Birokrasi di Lingkungan Kabupaten Purwakarta

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Rapat Koordinasi

Forum Koordinasi Pelayanan Publik Tahun 2024

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri undangan Forum