Sosialisasi bidang Aptika dan Pembentukan Komunitas IT di SMKN 2  Purwakarta

Sosialisasi bidang Aptika dan Pembentukan Komunitas IT di SMKN 2 Purwakarta

  • 2018-01-20 07:47:38
  • 85432 view
  • Rusyad Anshari

Dalam rangka memasyarakatkan Teknologi Informatika (TIK) kepada para pelajar, bidang Aptika Kominfo Kab. Purwakarta mengadakan kunjungan sosialisasi ke di SMKN 1 yang berlokasi di daerah Maracang Purwakarta.

Dari pihak sekolah SMKN1 diwakili oleh Kepala Sekolah yang bernama Muhardi, ST, MT dan guru bidang IT yang bernama Ade Mustahidin, S.Kom.

Dalam sambutan pembukaannya dia mengharapkan agar momentum ini dimanfaatkan oleh para siswa untuk bisa meningkatkan kemampuannya. Pertemuan ini seperti gayung bersambut, dimana dia selaku guru pembimbing mengharapkan keterlibatan pemerintah daerah untuk ikut membantu dalam peningkatan kualitas siswa dilingkungan SMKN1 Purwakarta yang dia nilai masih kalah jauh dibanding siswa-siswa dari kota-kota besar lainnya.

Dari pihak bidang Aptika, kunjungan ke SMKN 1 Purwakarta ini dipimpin langsung oleh kepala Bidang Aptika Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kab. Purwakarta yaitu Yus Djunaedi Rusli, SSTP, Msi, disertai beberapa pegawai dilingkungan Bidang Aptika.

Dalam pengarahannya kepala Bidang Aptika Yus Djunaedi, mengatakan bahwa kunjungan team Aptika ini bertujuan untuk menyemangati para pelajar dibidang TKJ SMKN1 Purwakarta supaya lebih fokus dalam mendalami ilmunya dan supaya para pelajar membentuk Komunitas IT sesuai dengan bidang minat dan bakat yang dimiliki siswa. Dalam pengarahannya, Kabid Aptika memaparkan bahwa gaji orang yang bekerja dibidang IT itu berdasarkan riset berkisar dari 1,5 juta sampai 40juta. Semakin ahli dan dibutuhkan maka semakin besar pula gaji yang dia terima. Untuk itu diharapkan agar para siswa mengkhususkan dirinya pada bidang yang sesuai minat dan bakatnya. Pihak Pemda yang diwakili bidang Aptika siap memberikan asistensi dan pelatihan  kepada para siswa dalam belajar di bidang TIK ini.

Dalam kunjungan ini Kabid Aptika memberi tantangan kepada para siswa. Tantangan tersebut yaitu siapa saja siswa yang bisa mensetting Router microtic supaya 2 PC yang berbeda IP bisa terkoneksi, akan diberikan reward berupa uang tunai sebesar Rp.50.000,-. Tantangan ini disambut beberapa siswa yang maju kedepan, diantaranya siswa bernama M.Hasbi dan Rezki Ramadhan dan diikuti siswa-siswa lainnya. Diberikan waktu 5 menit untuk menyelesaikan kepada tiap pasangan siswa. Beberapa siswa mencoba mensetting tapi belum ada yang berhasil menyelesaikan. Hal ini dapat dipahami karena mereka belum diajarkan pelajaran ini karena keterbatasan alat yang tersedia.  

Kunjungan ke SMKN1 ini adalah kunjungan yang kedua dilakukan oleh Bidang Aptika yang baru berdiri sekitar 1 (satu) tahun dilingkungan Pemda Kab. Purwakarta. Rencananya kunjungan ini akan terus dilakukan ke sekolah-sekolah lainnya supaya terbentuk komunitas IT di setiap sekolah. Setelah terbentuk disemua sekolah diharapkan terbentuk masyaraakat IT Kabupaten Purwakarta, sehingga bisa saling berbagi Ilmu dan pengalaman baik antar siswa maupun antar komunitas.

Acara ini dihadiri sekitar 100 orang siswa kelas 10 dan 11 yang mendalami bidang Teknik Komputer Jaringan atau TKJ dan Perangkat Lunak (PL). Usulan pembentukan Komuntas IT ini disambut dengan semangat oleh para siswa yang akan di tindak lanjuti dengan pembentukan komunitas IT di SMKN2 Purwakarta.

COMMENTS  1






[SIARAN PERS] Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025

Rabu, 06 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Musyawarah Perencanaan

Rapat Koordinasi Transformasi Birokrasi di Lingkungan Kabupaten Purwakarta

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Rapat Koordinasi

Forum Koordinasi Pelayanan Publik Tahun 2024

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri undangan Forum