PELUNCURAN SEKALIGUS PERESMIAN AMANAH MART DI KECAMATAN KIARA PEDES KABUPATEN PURWAKARTA

PELUNCURAN SEKALIGUS PERESMIAN AMANAH MART DI KECAMATAN KIARA PEDES KABUPATEN PURWAKARTA

  • 2018-11-07 09:38:29
  • 508 view
  • Jajang Sumardi

Gerakan perubahan untuk kebangkitan ekonomi Masyarakat harus dilakukan secara berjamaah, dan dimulai dari diri kita sendiri. Gerakan perubahan untuk kebangkitan ekonomi Masyarakat ini  harus dilakukan secara bersama-sama atau berjamaah. Terbentuknya gerakan perubahan tersebut hasil dari Unit Pengelola kegiatan (UPK) yang mencipatakan AMANAH MART sendiri hasil dari kegiatan tersebut, untuk bentuk pengadaan barang-barang yang dibutuhkan bekerjasama dengan PT. MITRA JEMPOL ABADI dengan bentuk kerjasama Konsinyasi. Pada tanggal 01/11/18 yang bertempat di Kecamatan Kiara Pedes Kabupaten Purwakarta ada hal menarik, yaitu diluncurkannya Produk Unggulan dari sebuah Organisasi Masyarakat UPK (Unit Pengelola Kegiatan) sekaligus diresmikannya Amanah Mart.

UPK merupakan Unit Pengelola Kegiatan yang berada dibawah BKAD (Badan Kejasama Antar Desa). Amanah Mart Sendiri hasil dari Musyawarah Masyarakat dengan para pengurus Desa, Kecamatan dan unsur Muspida lainnya. Dengan tujuan agar membantu pertumbuhan ekonomi Masyarakat dan untuk memfasilitasi Masyarakat yang membutuhkan bahan pokok sehari-hari. Contohnya, minyak sayur, telur, dan lain-alin.

Hendra menjelaskan, bahwa pengembangan usaha perdagangan ini dijalankan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sekaligus telah mendapatkan persetujuan dan kesepakatan Pihak BKAD, BUPK, Tim Verifikasi, Forum MAD dan Rekomendasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta,”katanya.

Kemudian, Demi terlaksana suksesnya program DAPM (Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat)  ini, Pihak UPK menggunakan dana bersumber dari Surplus SPP PNPM. Selain itu, upaya pemberdayaan ekonomi ini pun dilakukan mengacu kepada Perbup Nomer 70 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelestarian Hasil PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Purwakarta yakni didalamnya UPK dapat mengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) selain Mengelola Program SPP dan UEP. “ujar Hendra.

Amanah Mart sendiri memiliki Slogan yaitu, TIKUKUR (Ti Urang Ku Urang Keur Urang). Slogan tersebut dibuat karena sesuai dengan tujuan dibuatnya Amanah Mart yaitu, untuk kesejahteraan masyarakat, yang dimana Amanah Mart dimulai dengan jalan Musyawarah oleh karena itu dari Masyarakat dan untuk Masyarakat juga. Oleh karena itu, kedepannya Amanah Mart sendiri semoga bisa mengembangkan usahanya dan bisa berubah bentuk usaha menjadi Grosir yang bisa menjadi sumber untuk warung-warung kecil yang dimiliki oleh Masyarakat sekitar kecamatan Kiara pedes. (KY)

COMMENTS  1






RAPAT PERSIAPAN PENILAIAN INTERVIEW EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWAKARTA

 

Dinas komunikasi dan Informatika kab. Purwakarta dalam rangka meningkatkan Penyelengaraan

DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari