DISKOMINFO KABUPATEN PURWAKARTA MENERIMA KUNJUNGAN  DARI DISKOMIMFO KABUPATEN BANDUNG

DISKOMINFO KABUPATEN PURWAKARTA MENERIMA KUNJUNGAN DARI DISKOMIMFO KABUPATEN BANDUNG

  • 2018-11-21 09:38:37
  • 359 view
  • Jajang Sumardi

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta mendapat kunjungan dari Diskominfo Kabupten Bandung terkait ketertarikan Command Center Ogan Lopian yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Purwakarta. Kunjungan ini bersifat persahabatan karena, sama-sama mengelola dan memajukan Dinas Komunikasi dan Informatika di daerahnya masing-masing. Oleh karena itu, kunjungan tersebut terasa dalam suasana yang hangat dan akrab. Kemudian kunjungan diterima langsung oleh Sekertaris Dinas Komunikasi dan Informatika Dra. Hj. Ida Siti Hamidah, MM yang bertempat di Command Center Ogan Lopian, pada Jumat (16/11/18). 

Kepala bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Yus Djunaedi Rusli S.STP, M.Si menjelaskan, tentang bagaimana teknis Aplikasi yang ada didalam Command Center Ogan Lopian. Sedangkan Ogan Lopian sendiri memiliki beberapa Aplikasi  salah satunya adalah untuk pelayanan Masyarakat yaitu, Sampurasun Dokter dan Bidan, E-Perelek, Aplikasi RSUD. Aplikasi yang dibuat oleh pemerintah Kabupaten Purwakarta sendiri memakai Bahasa-bahasa kebudayaan lokal. Tujuannya adalah agar lebih mudah dalam mengenalkan budaya dan lebih mudah diingat oleh masyarakat. Layanaan dibuat dalam bentuk Aplikasi agar dapat memudahkan Masyarakat dalam menggunakannya, karena dalam Era digitalisasi kita harus bisa memanfatkan Smart Phone dengan baik. “Imbuhnya.

Yus menambahkan, “Command Center ini adalah terjemahan dari kejadian-kejadian sekarang agar dapat terlihat dimasa depan. Sedangkan untuk pempulikasian data tidak semuanya go publik/ dapat terlihat oleh masyarakat bisa dibilang ada data-data yang bersifat Privasi atau rahasia tidak semua data bisa di informasikan dan dipublikasikan. Untuk servernya sendiri kita harus memakai server dari lokal yaitu dari Indonesia bukan dari luar. Untuk saat ini yang sedang direncanakan oleh Diskominfo Purwakarta adalah membuat MOU dengan Disdukcapil dalam pembuatan warehouse atau gudang penyimpanan data”.

Sedangkan untuk tata kelola Command Center Ogan Lopian Kepala Bidang Infokom Hendra Fadly, SE memaparkan bahwa, “dari mulai Infrastruktur hingga SDM di kelola dan termonitoring oleh Bidang Infokom. Dalam pembuatan dan pembentukan Command Center diperlukan kerjasama dengan berbagai bidang yang ada di Diskominfo. Untuk SDMnya yang dimiliki sesuai dengan bidang keahlian yang dibutuhkan misalnya teknisi dan Operator. Diskominfo bekerjasama dengan Sekolah dan Kampus yang memiliki keahlian yang dibutuhkan. Kemudian mengirim SDM tersebut ke pelatihan-pelatihan menjalin kerjasama dengan lembaga kursus Swasta yang ada di Bandung”.

Sekeretaris Dinas Kominfo Dra. Hj. Ida Siti Hamidah, MM, menutup acara kunjungan tersebut diharapkan dengan adanya kunjungan ini Pemerintah Kabupaten Purwakarta dapat terus berbenah diri dalam mendorong pemanfaatan teknologi Informasi dan Komunikasi bagi masyarakat dan pemerintah. (Ky)

COMMENTS  1






RAPAT PERSIAPAN PENILAIAN INTERVIEW EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWAKARTA

 

Dinas komunikasi dan Informatika kab. Purwakarta dalam rangka meningkatkan Penyelengaraan

DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari