Sosialisasi bidang Aptika dan Pembentukan Komunitas IT di STT. Wastukanca Purwakarta

Sosialisasi bidang Aptika dan Pembentukan Komunitas IT di STT. Wastukanca Purwakarta

  • 2018-01-26 07:50:13
  • 13796 view
  • Rusyad Anshari

Dalam rangka memasyarakatkan Teknologi Informatika (TIK) kepada para Pelajar dan Mahasiswa, bidang Aptika Kominfo Kab. Purwakarta mengadakan kunjungan sosialisasi ke di STT. Wastukanca yang berlokasi sekitar di daerah Cikopak Purwakarta.

Dari pihak kominfo Pemda Kab. Purwakarta, kunjungan kali ini dipimpin langsung oleh kepala Dinas Kominfo yaitu Drs.Suhandi Msi, disertai Kabid Aptika Kab. Purwakarta yaitu Yus Djunaedi Rusli, SSTP, Msi, dan beberapa pegawai dilingkungan Bidang Aptika.

Dari pihak sekolah STT. Wastukanca acara ini diwakili oleh Ketua STT yang bernama Dr. H. Agus Solehudin M.T dan ditutup oleh Kepala Jurusan bidang IT yang bernama M. Raffi Muttaqin, M.Kom.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua STT memaparkan, Pertama, Bidang IT memang sangat diperlukan dalam era globalisasi sekarang ini dimana aspek manusia banyak memanfaatkan perangkat IT. Penguasaan bidang IT adalah hal yang mutlak supaya bisa mengikuti perubahan dan perkembangan jaman. Ketua STT mencontohkan bahwa e-commerce atau penjualan via online saat ini menjadi trendi sehingga gerai-gerai penjual besar atau wholesaler seperti Jogya, Matahari dan lainnya yang masih menggunakan cara berjualan offline jadi tersaingi. Bukan tidak mungkin suatu saat, gerai-gerai besar itu akan pindah menjadi penjualan online juga seperti halnya portal e-commerse besar seperti lazada.com, olx.com, bhineka.com dan lainnya.

Ketua STT lebih jauh mengatakan, mengapa hal ini bisa terjadi, alasannya karena penjualan via online bisa memangkas pengeluaran-pengeluaran yang ada pada penjualan offline dan tidak terbatasnya waktu jualan. Biaya-biaya seperti untuk gaji banyak pekerja, sewa tempat dan biaya operasional yang besar bisa dipangkas dengan jualan cara online. Dalam sambutannya, Ketua STT memohon maaf bila mahasiswa yang hadir tidak terlalu banyak, hal ini disebabkan karena hari ini adalah hari pertama libur setelah mahasiswa menjalani Ujian Akhir Semester.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo memberikan paparan mengenai cepatnya perkembangan teknologi yang harus diikuti oleh siapa saja supaya tidak ketinggalan oleh perkembangan jaman. Dan teknologi IT itu sebenarnya netral, bisa digunakan untuk kebaikan tapi bisa digunakan untuk menipu orang, salah satunya dengan cara menjual barang-barang illegal dan hasil mencuri. Dalam paparannya, Kadis Kominfo juga menjelaskan bahwa di Pemda Purwakarta sudah ada command center yang disebut “Ogan Lopian”. Di aplikasi berbasis android ini terdapat berbagai aplikasi untuk pelayanan pada masyarakat seperti Bursa tenaga kerja, info pariwisata dan banyak lagi. Untuk bisa mememanfkan aplikasi ini warga Purwakarta harus menginstal aplikasi “Ogan Lopian” di google playstore. Kadis Kominfo juga menjelaskan bahwa Dinas kominfo sendiri baru berdiri kurang lebih setahun, sehingga gaungnya belum begitu terdengar.

Dalam pengarahannya kepala Bidang Aptika Yus Djunaedi, menekankan bahwa Pertama, kunjungan team Aptika ini bertujuan untuk menyemangati dan memberi dorongan kepada para Mahasiswa dibidang IT dan memberikan gambaran tentang sebuah kesuksesan. Kabid Aptika memberi gambaran gaji atau salari yang diterima oleh pekerja dibidang IT dari terendah sampai tertinggi. Data ini berdasarkan studi yang dilakukan sebuah lembaga survey. Lebih jauh Kabid Aptika mnjelaskan bahwa kita lah yang membentuk masa depan kita sendiri, kalau mau sukses jadilah professional dibidangnya karena reward yang diterima akan sesuai dengan tingkat keahlian yang kita miliki. Kedua, mengajak partisipasi Mahasiswa untuk membantu Pemerintah Daerah untuk mensosialisasiakan pengetahuan tentang IT kepada masyarakat, karena tanpa bantuan komunitas IT, sebagus apapun program yang dibuat pemerintah tidak akan berjalan dengan baik, efisien dan efektif. Ketiga, diharapkan para Mahasiswa membentuk komunitas di bidang IT yang sesuai dengan minatnya supaya lebih fokus dalam mendalami ilmunya.

Dalam kunjungan ini Kabid Aptika memberi tantangan kepada para mahasiswa. Seperti di dua acara yang sama sebelumnya, diadakan games chalange. Kali ini hadiahnya selain uang Rp.300,000 juga ada beberapa souvenir yang sudah disiapkan. Tantangan masih sama yaitu siapa saja siswa yang bisa mensetting Router microtic supaya 2 PC yang berbeda IP bisa terkoneksi dan konfigurasi database. Tantangan ini disambut beberapa siswa yang maju kedepan, diantaranya siswa bernama Dimas dan Bayu. Sampai waktu yang diberikan yaitu 8 menit, belum ada mahasiswa yang bisa menyelesaikan baik tantangan mengkoneksikan 2 laptop via microtic maupun soal database.

Kunjungan ke STT ini adalah kunjungan yang ketiga yang dilakukan oleh Bidang Aptika ke sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Rencananya kunjungan ini akan terus dilakukan ke sekolah-sekolah lainnya supaya terbentuk komunitas IT di setiap sekolah. Setelah terbentuk disemua sekolah diharapkan terbentuk masyarakat IT Kabupaten Purwakarta, sehingga bisa saling berbagi Ilmu dan pengalaman baik antar siswa maupun antar komunitas.

Acara ini dihadiri sekitar 70 orang mahasiswa bidang IT yang tergabung dalam Humanika (Himpunan mahasiswa Informatika).

Dalam paparan terakhir, kepala bidang Aptika memberikan informasi bahwa kini dinas Tenaga Kerja sudah membuah portal informasi lowongan kerja yang bisa diakses via Web ke Dinas tenaga kerja atau akses via aplikasi Ogan Lopian.

COMMENTS  2






DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa,

DISKOMINFO SELENGGARAKAN SOSIALISASI WEBDESAKU

Dinas Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan webdesaku pada akhir bulan