PENGIMPLEMENTASIAN PROGRAM BUPATI PURWAKARTA  SAMPURASUN DOKTER DAN SAMPURASUN BIDAN

PENGIMPLEMENTASIAN PROGRAM BUPATI PURWAKARTA SAMPURASUN DOKTER DAN SAMPURASUN BIDAN

  • 2018-11-27 16:17:07
  • 312 view
  • Jajang Sumardi

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, memiliki Perhatian lebih dalam dunia kesehatan untuk Masyarakat sebagai salah satu cara untuk mendukung dan mengimplementasikannya adalah dengan adanya Program Sampurasun Dokter dan Sampurasun Bidan. Yang dimana Program tersebut merupakan program yang sudah ada hasil dari pemimpin Purwakarta sebelumnya yaitu Dedi Mulyadi, Program unggulan tersebut akan dikembangkan kembali oleh Bupati Purwakarta saat ini. Bertempat di Aula Dinas Kesehatan yang mengundang Diskominfo dan tenaga kesehatan yang ada di seluruh Puskesmas Kabupaten Purwakarta. Pada senin 26/11/2018.

Sampurasun Dokter dan Sampurasun Bidan sendiri merupakan pengembangan dari Aplikasi yang diperuntukan sebagai layanan Kesehatan. Melalui program ini, warga dapat memanggil dokter dan bidan untuk konsultasi kesehatan. Warga bisa mengakses layanan ini melalui aplikasi Ogan Lopian yang merupakan aplikasi berisi sejumlah layanan publik di Purwakarta.

Neneng Maryamah selaku Kepala Bidang Pelayanan kesehatan memaparkan, bahwa Dinas Kesehatan mendukung Program Aplikasi yang memperhatikan Dunia Kesehatan khususnya untuk Masyarakat Purwakarta. Layanan kunjungan dan perawatan gratis oleh dokter dan tenaga medis disebut dengan Layad Rawat. Dimana layanan ini di khususkan atau memprioritaskan untuk warga yang kurang mampu dan dhuafa (Home Medicure). Lebih lanjut Neneng menjelaskan, Layad Rawat hanya untuk warga yang kurang mampu dengan kasus kesusahan keluar rumah dapat dibantu dengan tindakan awal saja karena, tidak boleh melakukan tindakan dirumah pasien khusus untuk melahirkan harus difaskes”.

Dalam pertemuan tersebut membahas kendala-kendala yang dihadapi dan mencari solusi terbaik. Adapun kendala yang dihadapi adalah kesiapan sinyal serta jaringan untuk lokasi yang berada di daerah blank spot. Sedangkan Program Aplikasi Sampurasun Dokter dan Sampurasun Bidan sangat tergantung dengan jaringan internet oleh karena itu, Diskominfo siap membantu dalam pemasangan jaringan. Selain masalah jaringan ada juga dari segi teknis dan SDM nya, yaitu apabila ada pemanggilan di malam hari harus disiapkan untuk Operator disetiap Puskesmas yang sudah ada rawat inap atau adanya petugas piket.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Yus Djunaedi Rusli, menjelaskan secara teknis bagaimana Aplikasi Sampurasun Dokter dan Sampurasun Bidan. Aplikasi Sampurasun Dokter bisa di download di aplikasi Ogan Lopian, sebuah aplikasi yang mempermudah akses warga pada sejumlah pelayanan publik.

Aplikasi Ogan Lopian sendiri bisa di download di android playstore. Di aplikasi tersebut terdapat menu Laporan Warga, Sampurasun Dokter, Sampurasun Bidan, Sampurasun Polisi, Destinasi Wisata dan Lokasi Penting. Agar bisa menggunakan aplikasi ini, warga terlebih dahulu harus membuat akun dalam aplikasi tersebut dengan memasukkan nomor Kartu Tanda Penduduk dan mendaftar dengan menggunakan email. Jelasnya”.

Yus menambahkan, adapun untuk medukung Program Aplikasi Sampurasun Dokter dan Bidan pemerintah Purwakarta telah memiliki Call Center 112 Ogan Lopian yang dapat dijadikan sebagai pendukung untuk Program ini. Perlu diketahui, Call Center 112 bersifat Gratis atau tidak berbayar. Oleh karena itu, akan dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan Kesehatan secara cepat. Jelasnya”

“ Dari Segi SDM diperlukan petugas Khusus yang bertugas untuk Program Aplikasi Sampurasun Dokter dan Sampurasun Bidan ini, agar lebih maksimal dalam memberikan layanan kepada warga.  Dimulai dengan pembuatan SOP tugas dengan baik dan terarah, selanjutnya dilengkapi sarana dan Prasarana yang lengkap. Dengan adanya petugas khusus pelayanan akan berjalan secara optimal. Kemudian dengan Program Sampurasun Dokter dan Sampurasun Bidan ini kita dapat meningkatkan kualitas layanan untuk warga sebagai tenaga kesehatan. Apa yang dibutuhkan Masyarakat kita berikan dana apa yang diharapkan juga kita bisa mewujudkannya.” Ujar Nur Hidayat Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta.

Nur menambahkan, “bahwasannya gerakan sigap dari pemerintah daerah dalam melayani Masyarakat dengan begitu bisa mendapatkan keputusan yang benar dan yang paling penting adalah bisa menyelamatkan nyawa masyarakat. Teknologi sendiri dapat mengimplementasikan harapan-harapan masyarakat dalam layanan Kesehatan.” (Ky)

COMMENTS  1






DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa,

DISKOMINFO SELENGGARAKAN SOSIALISASI WEBDESAKU

Dinas Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan webdesaku pada akhir bulan