PEMBELAJARAN BERBASIS IT DAN PEMBENTUKAN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEKOLAH BERSAMA DISKOMINFO

PEMBELAJARAN BERBASIS IT DAN PEMBENTUKAN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEKOLAH BERSAMA DISKOMINFO

  • 2019-01-25 08:47:29
  • 1496 view
  • Feby Ali Dzuhri

Teknologi Informasi pada masa ke masa sudah sangat cepat berkembang, dengan  seiring perkembangan zaman tersebut teknologi informasi dapat memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi. Dengan kemajuannya TI ada dua dampak negatif dan positif tentang teknologi saat ini. Perlu kita ketahui bahwa dengan teknologi segala aktifitas bisa berjalan dengan mudah dan praktis sehingga membantu banyak kegiatan.

Dampak positif Perkembangan teknologi Informasi pada saat ini dapat memudahkan mencari informasi dan memudahkan dalam dunia pekerjaan. Salah satunya adalah dengan di mulai dari lingkungan sekolah yang pada saat ini di SMAN 1 Campaka sudah dirilis, untuk berbagai kegiatan baik Guru ataupun Murid. Tujuannya supaya Guru dan Siswa dapat mengikuti perkembangan Teknologi Informasi serta ikut berperan dalam membangun Sekolah Pintar.

Atas dasar tersebutlah kegiatan Training Pembelajaran Berbasis IT dan pembentukan sistem informasi dan komunikasi sekolah di adakan oleh Kepala Sekolah untuk seluruh Guru yang berada dilingkungan SMAN 1 Campaka. pada hari Rabu bertempat di Aula SMAN 1 Campaka tanggal. 16/01/19. Kegiatan pembelajaran ini di isi oleh pemaparan dari Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Purwakarta.

Teknologi sangatlah cepat perkembangannya jika kita tidak bisa mengukuti percepatan itu maka akan sangat tertinggal atau gagap teknologi. Untuk itulah, dalam membangun konten sistem Informasi dan Komunikasi di Sekolah harus dimulai dari konsep yang baik dan tepat. Kekuatannya adalah ada di Sistem Informasinya, kemudian bagaimana membangun Informasi dan mengkomunikasikannya di sekolah. Konsepnya dimulai dengan berupa marketing yang bagus dan menarik, caranya dengan kematangan dan ketepatan konsep yang di hasilkan. Maka, barulah Sitem Teknologi Informasi akan tercipta dengan baik. Sedangkan semua itu membutuhkan juga Strategi yang benar. Untuk Strateginya adalah pemilihan Segmentasi dan Motivasi yang kemudian konsumen barulah konten Strategi pasarnya. “Imbuh Yus Djuneadi Rusli, S.STP, M.Si selaku Kabid Aptika Diskominfo Purwakarta”.

Selaku Kepala Sekolah Nur, menjelaskan bahwasannya kegiatan tersebut bertujuan agar mengenalkan sekolah kepada masyarakat lebih luas lagi. Kemudian harapan saya juga adalah menginginkan untuk proses pembelajaran di SMAN 1 Campaka kedepannya sudah berbasis Teknologi serta sistem informasinya. Sehingga guru dan murid dapat dengan mudah mengakses berbagai hal dan informasi, walaupun sedang tidak berada di sekolah. Salah satu contohnya, E-Rapot yang dimana orang tua siswa dapat dengan mudah melihat nilai anak-anaknya langsung dari Smart Phone dan  ketika orang tua siswa berhalangan hadir pada saat pembagian rapaot. “Jelas Nur Asiah Jamil”. (Ky)

COMMENTS  0






[SIARAN PERS] Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025

Rabu, 06 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Musyawarah Perencanaan

Rapat Koordinasi Transformasi Birokrasi di Lingkungan Kabupaten Purwakarta

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Rapat Koordinasi

Forum Koordinasi Pelayanan Publik Tahun 2024

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri undangan Forum