SOSIALISASI KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

SOSIALISASI KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

  • 2019-05-03 16:29:57
  • 778 view
  • Kicky Rizky

Sosialisasi adalah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Berdasar atas tujuan tersebut maka Diskominfo Kabupaten Purwakarta mengadakan Sosialisasi untuk Kelompok Informasi Masyarakat yang dilaksanakan dari tanggal 02/05/2019 s/d 03/05/2019 bertempat di Aula Janaka Setda Purwakarta. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Purwakarta Dra. Siti Ida Hamidah, MM. memberikan sambutannya sekaligus membuka acara kegiatan Sosialisasi KIM (Kelompok Sosialisasi Masyarakat).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo mengatakan bahwa “ Berdasarkan Permen Komunikasi dan Informatika No. 08/PER/M.Kominfo/VI/ 2010 tentang pedoman pengembangan dan pemberdayaan lembaga Komunikasi Sosial yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan kemampuan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai wahana Informasi antara Anggota dari KIM kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada masyarakat, sebagai mitra dialog, sarana peningkatan Literasi dan agar terjalinnya komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, antar masyarakat dengan lingkungannya secara timbal balik dan berkesinambungan, sehingga keberadaan KIM diharapkan dapat menekan penyebaran Hoax ditengah-tengah masyarakat”. Imbuhnya

          Dewasa ini, perkembangan Informasi sangat mudah dan cepat  didapat oleh masyarakat disinilah peran KIM sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi yang benar. Kemudian informasi yang akan tersampaikan kepada masyarakat dengan menggunakan komunikasi yang baik dan benar. Oleh karena itu, tanpa komunikasi yang benar maka Informasi tidak akan tersampaikan dengan baik. Informasi merupakan sebuah kekuatan yang dapat menjadi manfaat dalam memperbaiki keadaan lingkungan di masyarakat.

          Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) sendiri merupakan organisasi independen yang dibangun masyarakat untuk masyarakat untuk itulah KIM merupakan bentuk kreatif kemandirian masyarakat yang kegiatannya adalah pengelolaan Informasi dan pemberdayaan masyarakat. Sedangkan Tugas pokok Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) sendiri yaitu Akses Diskusi tentang Informasi Implementasi Networking Diseminasi Informasi atau yang disingkat dengan ADINDA. Selain itu, KIM juga diharapkan menjadi wadah informasi dan komunikasi dalam mendukung pemberdayaan anggota dan masyarakat di berbagai bidang usaha. Untuk itulah, KIM perlu disosialisasikan dan dibentuk di tengah masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah bagi lingkungannya. (KY)

 

 

COMMENTS  0






SIARAN PERS TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA WORLD WATER FORUM KE-10 NO.08/SP/TKM-WORLDWATERFORUM2024/04/20

Indonesia memajukan hydro-diplomacy melalui penyelenggaraan Forum Air Sedunia atau World Water Forum

[SIARAN PERS] Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025

Rabu, 06 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Musyawarah Perencanaan

Rapat Koordinasi Transformasi Birokrasi di Lingkungan Kabupaten Purwakarta

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Rapat Koordinasi