SATU DESA SATU AMBULANCE UNTUK PURWAKARTA ISTIMEWA

SATU DESA SATU AMBULANCE UNTUK PURWAKARTA ISTIMEWA

  • 2019-06-27 15:58:35
  • 719 view
  • Kicky Rizky

Lapang Wisata Parang Gombong kecamatan Sukasari menjadi perhatian masyarakat, oleh deretan Ambulance yang jumlahnya lumayan banyak. Terlebih lagi deretan ambulance tersebut merupakan perwakilan dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Kemudian Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika yang meresmikan sendiri 178 Mobil Ambulance Desa Siaga Kidang Kawelas Jos, beliau mengatakan hal tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan pelayanan Publik Khususnya Bidang kesehatan kepada masyarakat terutama di desa - desa.

"Hampir, seluruh desa sudah memiliki ambulance, jadi 183 desa sudah memiliki ambulance dan kemudian 9 kelurahan. Termasuk yang melalui dinas kesehatan itu disebar melalui puskesmas - puskesmas," ujar Anne di acara launching tersebut, Rabu (26/5/2019), Desa Kutamanah, Sukasari Purwakarta.

Dari 183 Desa hanya 5 Desa yang tidak bisa membeli ambulance, dikarenakan untuk ambulance tersebut berasal dari Dana Hasil Bagi Pajak (DBHP). Adapun ke 5 Desa tersebut dialihkan untuk peningkatan infrastruktur. Salah satu tujuannya adalah untuk mempercepat pelayanan masyarakat yang membutuhkan ambulance, yaitu menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang terjadi akibat keterlambatan pelayanan rumah sakit.

Selain itu menurut Anne, masyarakat ketika menggunakan ambulance tersebut pun tidak akan dipungut biaya, karena untuk biaya operasional berasal dari swadaya masyarakat,Puskesmas dan Pemerintah Daerah, terutama untuk masyarakat kurang mampu.

"operasional ada dari swadaya masyarakat, swadaya desa, puskesmas, dan pemerintahan daerah kita gabung,selain itu kita juga bangun subsidi silang yang nantinya masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu bisa memanfaatkan ambulance tersebut tanpa dipungut biaya," kata Anne.

Apabila Pola tersebut digunakan, maka akan terbangun subsidi silang dari swadaya masyarakat, terlebih untuk masyarakat kurang mampu.

"Sedang kita rancang dan secepatnya bisa disosialisasikan, rencana kedepannya masing-masing ambulance memiliki kartu pelanggan ambulance diharapkan agar pemerintah desa tidak diberatkan lagi dengan ongkos bensin jadi sudah tercakup seluruhnya" Imbuhnya.

COMMENTS  0






[SIARAN PERS] Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025

Rabu, 06 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Musyawarah Perencanaan

Rapat Koordinasi Transformasi Birokrasi di Lingkungan Kabupaten Purwakarta

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Rapat Koordinasi

Forum Koordinasi Pelayanan Publik Tahun 2024

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri undangan Forum