DPRD KABUPATEN BANGKA PROVINSI BANGKA BELITUNG LAKUKAN KUNJUNGAN KE BALE OGAN LOPIAN DISKOMINFO

DPRD KABUPATEN BANGKA PROVINSI BANGKA BELITUNG LAKUKAN KUNJUNGAN KE BALE OGAN LOPIAN DISKOMINFO

  • 2019-07-04 15:59:59
  • 257 view
  • Kicky Rizky

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung Rabu, 03 Juli 2019 melakukan kunjungan ke Diskominfo Kabupaten Purwakarta. Bertempat di ruang Command Center Ogan Lopian rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Dra. Hj. Siti Ida Hamidah, MM yang didampingi oleh para Kepala Bidang. Rombongan yang hadir berjumlah 10 orang dipimpin langsung oleh ketua komisi III H. Hendra Yunus SE. Kunjungan ini dalam rangka studi banding best practice implementasi smart city, khususnya dalam pengelolaan command center.

“Command Center merupakan teknologi yang menjadi icon dalam mendukung tata kelola pemerintahan, hal ini juga bagian dari pelayanan kita untuk Masyarakat yang tentu isinya bermanfaat bagi mereka, khususnya Aplikasi yang kita tampilkan,” ujar Kepala Dinas Kominfo, Ida saat di hadapan anggota DPRD komisi III dalam acara kunjungan kerja ke Command Center Purwakarta.

Command Center dibangun karena ini sudah masuk di era serba teknologi, dimana peruntukan dari Command Center sendiri dapat mengetahui beberapa informasi. fungsi dari Command Center yaitu dapat melihat segala informasi. Command Center yang dimiliki oleh Kabupaten Purwakarta di beri nama Bale Ogan Lopian. Ogan Lopian merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemenrintah Kabupaten Purwakarta di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) untuk menghubungkan, memonitor, manganalisa dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota agar dapat dimanfaatkan lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, maka pelayanan kepada warga akan lebih maksimal dan paripurna. Ada beberapa Alpikasi yang ada di Ogan Lopian, Aplikasi Ambulance, Sampurasun Dokter, sampurasun Bidan dan Laporan warga.

“Selain memiliki Command Center Bale Ogan Lopian didalamnya terdapat Aplikasi Laporan Warga oleh karena itu, Pemerintah kabupaten Purwakarta juga telah memiliki Call Center 112 merupakan Aduan cepat kegawat Daruratan. Call Center di buat agar seluruh aduan terpusat di sana, jadi setiap OPD yang memiliki layanan kegawat daruratan agar tidak lagi menggunakan nomor aduan yang lain dan hanya Call Center yang dapat di akses oleh masyarakat ketika butuh bantuan. Dengan digunakannya Call Center 112 agar gampang di ingat memudahkan masyarakat ketika membutuhkannya, Call Center sendiri di bebaskan pulsa agar masyarakat tidak lagi terbebankan dengan biayaya. Laporan ini di Khususkan kepada warga yang berdomisili di Kabupaten Purwakarta untuk dapat berpartisipasi memberikan laporan yang terjadi dan dapat menyampaikan permasalahan untuk dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah Kabupaten Purwakarta bertujuan supaya terciptanya kenyamanan dalam hidup bermasyarakat“ Imbuh Yus, selaku kepala Bidang Aplikasi Telematika.

Hendra Yunus selaku Ketua Komisi III DPRD Bangka mengatakan dalam kunker kami di Ogan Lopian ini dengan tujuan kita dapat sharing saling tukar pengalaman maupun informasi dalam kunjungan kerja ini juga salah satunya kami memberikan dukungan dalam hal pengembangan tentang Smart City.

“Kami juga ingin untuk pembangunan Command Center kedepan apa yang sudah direncanakan oleh Diskominfo terutama untuk penganggarannya, sehingga nanti di Kabupaten Bangka bisa menselaraskan apa yang menjadi tujuan Diskominfo ini agar jalan antar Dinas dan selaku mitra kerja itu bisa saling mendukung. Sehingga dalam kelanjutan pembangunan Command Center di Kabupaten Bangka ini dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan dan dicita-citakan untuk mendukung program-program yang akan dilaksanakan. ” ujar Hendra.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung Rabu, 03 Juli 2019 melakukan kunjungan ke Diskominfo Kabupaten Purwakarta. Bertempat di ruang Command Center Ogan Lopian rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Dra. Hj. Siti Ida Hamidah, MM yang didampingi oleh para Kepala Bidang. Rombongan yang hadir berjumlah 10 orang dipimpin langsung oleh ketua komisi III H. Hendra Yunus SE. Kunjungan ini dalam rangka studi banding best practice implementasi smart city, khususnya dalam pengelolaan command center.

“Command Center merupakan teknologi yang menjadi icon dalam mendukung tata kelola pemerintahan, hal ini juga bagian dari pelayanan kita untuk Masyarakat yang tentu isinya bermanfaat bagi mereka, khususnya Aplikasi yang kita tampilkan,” ujar Kepala Dinas Kominfo, Ida saat di hadapan anggota DPRD komisi III dalam acara kunjungan kerja ke Command Center Purwakarta.

Command Center dibangun karena ini sudah masuk di era serba teknologi, dimana peruntukan dari Command Center sendiri dapat mengetahui beberapa informasi. fungsi dari Command Center yaitu dapat melihat segala informasi. Command Center yang dimiliki oleh Kabupaten Purwakarta di beri nama Bale Ogan Lopian. Ogan Lopian merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemenrintah Kabupaten Purwakarta di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) untuk menghubungkan, memonitor, manganalisa dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota agar dapat dimanfaatkan lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, maka pelayanan kepada warga akan lebih maksimal dan paripurna. Ada beberapa Alpikasi yang ada di Ogan Lopian, Aplikasi Ambulance, Sampurasun Dokter, sampurasun Bidan dan Laporan warga.

“Selain memiliki Command Center Bale Ogan Lopian didalamnya terdapat Aplikasi Laporan Warga oleh karena itu, Pemerintah kabupaten Purwakarta juga telah memiliki Call Center 112 merupakan Aduan cepat kegawat Daruratan. Call Center di buat agar seluruh aduan terpusat di sana, jadi setiap OPD yang memiliki layanan kegawat daruratan agar tidak lagi menggunakan nomor aduan yang lain dan hanya Call Center yang dapat di akses oleh masyarakat ketika butuh bantuan. Dengan digunakannya Call Center 112 agar gampang di ingat memudahkan masyarakat ketika membutuhkannya, Call Center sendiri di bebaskan pulsa agar masyarakat tidak lagi terbebankan dengan biayaya. Laporan ini di Khususkan kepada warga yang berdomisili di Kabupaten Purwakarta untuk dapat berpartisipasi memberikan laporan yang terjadi dan dapat menyampaikan permasalahan untuk dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah Kabupaten Purwakarta bertujuan supaya terciptanya kenyamanan dalam hidup bermasyarakat“ Imbuh Yus, selaku kepala Bidang Aplikasi Telematika.

Hendra Yunus selaku Ketua Komisi III DPRD Bangka mengatakan dalam kunker kami di Ogan Lopian ini dengan tujuan kita dapat sharing saling tukar pengalaman maupun informasi dalam kunjungan kerja ini juga salah satunya kami memberikan dukungan dalam hal pengembangan tentang Smart City.

“Kami juga ingin untuk pembangunan Command Center kedepan apa yang sudah direncanakan oleh Diskominfo terutama untuk penganggarannya, sehingga nanti di Kabupaten Bangka bisa menselaraskan apa yang menjadi tujuan Diskominfo ini agar jalan antar Dinas dan selaku mitra kerja itu bisa saling mendukung. Sehingga dalam kelanjutan pembangunan Command Center di Kabupaten Bangka ini dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan dan dicita-citakan untuk mendukung program-program yang akan dilaksanakan. ” ujar Hendra.

 

COMMENTS  0






DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa,

DISKOMINFO SELENGGARAKAN SOSIALISASI WEBDESAKU

Dinas Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan webdesaku pada akhir bulan