Studi lapangan Mahasiswa Unsika Karawang ke Pemkab Purwakarta

Studi lapangan Mahasiswa Unsika Karawang ke Pemkab Purwakarta

  • 2018-04-19 14:00:59
  • 408 view
  • Rusyad Anshari

Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemerintahan khususnya sistem pemerintah, mahasiswa jurusan Pemerintahan FISIP Unsika Karawang mengadakan lawatan atau studi lapangan singkat ke Pemkab Purwakarta. Acara kunjungan dimaksud dilaksanakan di Bale Maya Datar dengan jumlah peserta dari UNSIKA sebanyak 100 orang.

Dalam kunjungannya pihak Unsika yang dipimpin oleh wakil rektor nya menjelaskan bahwa maksud tujuan mahasiswa melakukan studi lapangan ini adalah untuk menjelaskan secara empiris kepada mahasiswa Ilmu pemerintahan tentang kondisi nyata pelaksanaan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah khususnya di pemkab Purwakarta. Dalam kesempatan tersebut juga wakil rektor menyatakan kekagumannya terhadap pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Purwakarta.

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Bappeda & Litbang Purwakarta Ir.Tri Hartono MM dan beberapa Kepala Bidang lainnya diantaranya Kabid Pariwisata dan Kabid Aptika Kominfo Pemkab Purwakarta.

Kepala Bappeda dalam sambutannya menjelaskan tentang kondisi geografis Purwakarta dan juga struktur pemerintahan yang ada di Purwakarta. Dalam kesempatan yang sama Tri Hartono menjelaskan tentang konsep pembangunan yang ada di Purwakarta dengan berbasis budaya. Perencanaan dilakukan secara bertahap melalui musrenbang dari tingkat Desa sampai Kabupaten.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas pariwisata menjelaskan tentang pesona pariwisata Kab Purwakarta yang banyak berubah dalam 10 tahun terakhir. 

Dari sisi teknologi IT di Pemerintahan Daerah Purwakarta, penjelasan diberikan oleh kepala Bidang Aptika Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kab. Purwakarta yaitu Yus Djunaedi Rusli, SSTP, Msi. Dalam pengarahannya kepala Bidang Aptika Yus Djunaedi, mengatakan bahwa:

 “Perkembangan dunia IT sangat cepat sehingga teknologi IT yang saat ini digunakan akan menjadi usang dan digantikan dengan yang baru pada beberapa tahun setelahnya. Teknologi di bidang IT menjadi relative, cepat berubah sesuai kemajuan jaman”.

Masih dalam paparannya, Kabid Aptika menjelaskan bahwa suatu saat diharapkan masyarakat menjadi melek akan penggunaan teknologi informasi untuk mempermudah kegiatan hariannya sehingga Teknologi Informasi digunakan secara positif oleh masyarakat.

Tujuan pembangunan Smart City dalam kategori Smart Society atau Masyarakat yang cerdas untuk pelayanan paripurna kepada masyarakat menjadi sesuatu yang nyata adanya.

COMMENTS  1






DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa,

DISKOMINFO SELENGGARAKAN SOSIALISASI WEBDESAKU

Dinas Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan webdesaku pada akhir bulan