KOMPETISI APLIKASI BERBASIS WEB

KOMPETISI APLIKASI BERBASIS WEB

  • 2019-09-06 16:44:10
  • 434 view
  • Jajang Sumardi

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta mengadakan kegiatan kompetisi Aplikasi berbasis Web dalam rangka memeriahkan hari jadi Purwakarta, Kompetisi aplikasi berbasis web yang di selenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta merupakan program rutin Tahunan yang dilakukan Bidang Aplikasi dan Informatika. Program ini diupayakan untuk meningkatkan kualitas para mahasiswa / pelajar dan merangsang masyarakat untuk berperan aktif dalam mengembangkan inovasi dalam hal pembuatan aplikasi untuk pelayanan kepada masyarakat, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Pada tahun ini, Kompetisi aplikasi berbasis web digelar untuk yang pertama kali dengan tema “Purwakarta Istimewa Dengan Pelayanan Online”. Adapun sub tema yang dapat dipilih untuk dibuatkan aplikasinya adalah sebagai berikut : Pariwisata, Kesehatan, Kependudukan, Pendidikan, Transportasi, UMKM, Penanggulangan bencana, Sosial, Budaya, Lingkungan Hidup, Infrastruktur dan Literasi

Yus menambahkan “Kompetisi ini pesertanya berasal dari perguruan tinggi yang memiliki program studi Teknik informatika dan juga dari SMK yang membuka jurusan komputer dan jaringan, serta dari masyarakat yang memiliki kemampuan pengembangan aplikasi berbasis web”. Untuk itulah demi mendapatkan juara yang berkualitas dilakukan upaya dengan cara mengundang beberapa juri yang berkopenten dibidang IT dalam acara tersebut, yaitu Feby Ali Dzuhri S.Kom, Ir. Nanang Mulyana, M.Kom, R.Tonny Mulyadi, ST, Joko Kristianto, ST, M.Andi Purnama Sabar, ST, Gagas Sangga Pratama. Ujar Yus selaku Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika

Adapun untuk persyaratan umum dalam Kompetisi tersebut dapat diikuti oleh perorangan maupun kelompok, untuk peserta kelompok jumlahnya bebas, Peserta tidak dibatasi terhadap wilayah boleh dari mana saja selama warga Indonesi. Sedangkan Untuk persyaratan khususnya diantaranya harus membuat proposal sesuai dengan ketentuan panitia, menggunakan data base Mysql, menguploadkan video demo mengenai aplikasi yang dibuat, Setiap peserta baik individu / tim hanya boleh mengajukan satu buah karya perangkat lunak, Aplikasi yang dibuat belum pernah dinyatakan sebagai pemenang (Juara I) dalam lomba TIK sebelumnya maupun pada kontes sejenis baik dalam skala lokal, nasional, regional, maupun internasional, Aplikasi belum pernah terpublikasi baik secara komersiil maupun secara nonkomersiil kepada khalayak umum.

Dalam acara tersebut yang berlangsung pada hari kamis 05/09/19 bertempat dibale Ogan Lopian, diambil 5 peserta dari setiap kategori yang lolos seleksi oleh dewan Juri. Febi menambahkan, bahwa “peserta yang mendaftar seluruhnya berjumlah 35 peserta. Bahkan ada peserta yang berasal dari luar Kabupaten Purwakarta seperti, Mojokerto, Cimahi, Temanggung, Jakarta dan subang”.

Juara Pertama untuk kategori tingkat sekolah adalah Hana siti Badriah berasal dari SMKN 2 Purwakarta yang membuat Aplikasi “E-Literasi”, Juara kedua diraih oleh Firmansyah Helmi Kurniawan yang berasal dari SMKN 10 Jakarta membuat Aplikasi “Lapor PWT”. Sedangkan untuk kategori Umum juara satu diraih oleh, Muhammad Sholeh dari Cimahi membuat Aplikasi “Pos Sampah” untuk juara dua diraih oleh Noor syam Azwar dari Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi membuat Aplikasi “SPK Beasiswa”.

Menurut Hana yang menjadi salah satu juara tujuan mengikuti kompetisi ini mengatakan “saya mengikuti kompetisi Aplikasi berbasis web ini  semata-mata ingin mengembangkan potensi diri, kemudian untuk mempelajari skill atau kemampuan ilmu baru.”Imbuh Hana

Diharapakan kedepannya kompetisi Aplikasi berbasis web ini dapat terus terlaksanakan demi mengembangkan kemajuan di bidang IT. Selain itu juga, kegiatan ini dapat menambah wawasan serta meningkatkan kreativitas anak bangsa dalam berkarya di bidang teknologi. (Ky)

COMMENTS  0






RAPAT PERSIAPAN PENILAIAN INTERVIEW EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWAKARTA

 

Dinas komunikasi dan Informatika kab. Purwakarta dalam rangka meningkatkan Penyelengaraan

DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari