Desa Cerdas di Purwakarta Menjadi Daya Tarik Kecamatan Karanggede Boyolali Untuk Berkunjung

Desa Cerdas di Purwakarta Menjadi Daya Tarik Kecamatan Karanggede Boyolali Untuk Berkunjung

  • 2019-11-28 14:58:07
  • 811 view
  • Jajang Sumardi

Desa cerdas sejatinya harus dimiliki setiap daerah, karena untuk mendukung sebuah perubahan di desa membutuhkan kreatifitas dan inovasi. Desa cerdas sendiri harus menyesuaikan dengan perkembangan Dunia Digital, seperti website yang dapat menampung seluruh kegiatan, informasi bahkan usaha produk-produk yang dihasilkan oleh desa agar dengan mudah masyarakat untuk mendapatkan produk tersebut.

Sejalan dengan tujuan diciptakannya Desa Cerdas Pemerintah Kabupaten Purwakarta membuat grand design untuk pemberdayaan masyarakat dengan mebuat sebuah portal layanan yang menggabungkan antara informasi desa dan juga marketing desa terhadap produk dan potensi wisata yang ada di desa tersebut. Desa Pasanggrahan yang terletak di Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta sebagai salah satu desa di Purwakarta yang menerapkan konsep desa cerdas. Dengan adanya desa cerdas di Purwakarta ini, membuat ketertarikan dari perangkat desa di Kecamatan Karanggede kabupaten boyolali untuk berkunjung pada hari Rabu 17/11/19. Rombongan dipimpim langsung oleh Bapak Camat Karang Gede dan mereka berharap sepulangnya dari Purwakarta ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di desa – desa yang menjadi wilayah kerjanya.

Acara bertempat di Aula desa Pasanggrahan, diisi dengan Sambutan sekaligus ucapan selamat datang dari Camat Bojong Drs. Wawan Darmawan, M, Si. “Selamat datang saya ucapkan kepada para perangkat desa yang ikut dalam kunjungan ini, dengan adanya kunjungan ini saya berharap kita dapat saling bertukar ilmu serta pengalaman. Desa Psanggrahan ini selain desa cerdas juga termasuk desa wisata karna disini terdapat satu desa adat yaitu Kampung Pasanggrahan. Semoga bapak dan Ibu dapat banyak pengalaman setelah kunjungan ini” Imbuhnya.

Turut hadir pula dalam acara perwakilan DPMD, Diskominfo, kepala desa dan Para Perangkat Desa Pasanggrahan. Konsep desa cerdas sendiri yang ada di Purwakarta Yaitu, lebih menekankan penggunaan website yang aktif. Tujuannya adalah agar masyarakat yang memiliki usaha dapat dengan mudah memasarkan produknya, karena desa Pasanggrahan sendiri terkenal dengan banyaknya industry rumahan dan hasil perkebunannya. Oleh karena itu, amat disayangkan apabila produk lokal yang dimiliki tidak dapat diketahui banyak orang. Hasil industry rumahan berupa makanan ringan seperti, borondong, kiripik cau, Rangginang, Wajit,  Beuleum opak, dan gula aren. Bahkan salah satu makanan ringan tersebut merupakan buah tangan favorit ketika kita berkunjung kesana yaitu Gula aren. Sedangkan hasil perkebunannya adalah Manggis atau Manggu karena Kabupaten Purwakarta merupakan salah satu sentra produksi manggis nasional di Indonesia. Lima kecamatan sentra produksi di Kabupaten Purwakarta terdapat di Wanayasa, Kiarapedes, Bojong, Darangdan dan Pondoksalam.

Selanjutnya dalam pemaparan konsep desa cerdas yang disampaikan oleh Yus Djunaedi Rusli, S.STP, M.Si selaku Kepala Bidang Aptika Diskominfo Purwakarta. Menjelaskan, “bahwasannya setiap desa berhak mengelola desanya dengan baik. Desa Cerdas atau smart village sebenarnya solusi mencari kebuntuan informasi antara desa dengan warganya, semakin Pemdes melakukan upaya transparansi kepada warganya dengan saluran media yang ada, maka semakin kecil kemungkinan permasalahan yang muncul terjadi, kenapa demikian, karena warga semakin dekat dengan saluran informasi, Website desa dikatakan dinamis bila tampilan website desanya itu bisa terkoneksi dengan internet, menu dan konten isi selalu update, dan ada pengelola yang khusus untuk melihat, monitor dan mengupload berita atau kegiatan desanya setiap hari. data yang disajikan pun adalah data baru dan selalu inovasi dalam menyajikan informasi datagrafis yang mudah dibaca dan diterjemahkan oleh warganya”. (KY)

COMMENTS  0






[SIARAN PERS] Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025

Rabu, 06 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Musyawarah Perencanaan

Rapat Koordinasi Transformasi Birokrasi di Lingkungan Kabupaten Purwakarta

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Rapat Koordinasi

Forum Koordinasi Pelayanan Publik Tahun 2024

Selasa, 05 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri undangan Forum