DISKOMINFO PURWAKARTA MENERIMA KUNJUNGAN DPRD  KABUPATEN TANGERANG

DISKOMINFO PURWAKARTA MENERIMA KUNJUNGAN DPRD KABUPATEN TANGERANG

  • 2020-01-30 16:24:42
  • 202 view
  • Kicky Rizki

           Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang Provinsi Banten Jumat, 24 januari 2020 melakukan kunjungan ke Diskominfo Kabupaten Purwakarta. Bertempat di ruang Command Center Ogan Lopian rombongan diterima oleh Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika mewakili Kepala Diskominfo turut hadir para Kepala Bidang dan Kepala Seksi. Rombongan yang hadir berjumlah 10 orang dipimpin langsung oleh ketua komisi IV H.M Supriyadi dan wakil ketua Rispanel Arya, S.ST. Kunjungan ini dalam rangka studi banding pengelolaan command center dan informasi tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang ada di Purwakarta.

          “ Selamat datang saya ucapkan kepada ketua beserta rombongan anggota Komisi IV DRPRD Kab. Tangerang di Command Center Ogan Lopian Kabupaten Purwakarta. Sekarang ini perangkat-perangkat daerah telah menggunakan IT dan menjadi sebuah fenomena. Walaupun belum secara aktif digunakan, namun demikian langkah serta upaya terus kita lakukan untuk membiasakan perangkat daerah melek IT. Pada dasarnya esensi dalam sebuah pembangunan teknologi harus berdasarkan kebutuhan yang disesuaikan dengan faktual dilapangan sehingga masyarakat merasakan langsung manfaatnya. Ujar Yus Djunaedi Rusli, S.STP, M.Si selaku kepala bidang Aptika

          Command Center merupakan teknologi yang menjadi icon dalam mendukung tata kelola pemerintahan, hal ini juga bagian dari pelayanan kita untuk Masyarakat yang tentu isinya bermanfaat bagi mereka, khususnya Aplikasi yang kita tampilkan. Command Center dibangun karena ini sudah masuk di era serba teknologi, dimana peruntukan dari Command Center sendiri dapat mengetahui beberapa informasi. fungsi dari Command Center yaitu dapat melihat segala informasi. Command Center yang dimiliki oleh Kabupaten Purwakarta di beri nama Bale Ogan Lopian. Ogan Lopian merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemenrintah Kabupaten Purwakarta di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) untuk menghubungkan, memonitor, manganalisa dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota agar dapat dimanfaatkan lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, maka pelayanan kepada warga akan lebih maksimal dan paripurna. Ada beberapa Alpikasi yang ada di Ogan Lopian, Aplikasi Ambulance, Sampurasun Dokter, sampurasun Bidan dan Laporan warga.

         

“Pada kesempatan ini saya, selaku ketua rombongan sekaligus ketua komisi IV merasa takjub dan bangga bagaimana perkembangan Teknologi Informasi dan command center di Kabupaten Purwakarta yang merupakan Kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat dapat dibangun dengan baik. Untuk itulah, kami dari Komisi IV rela berkunjung agar mendapatkan ilmu yang nantinya dapat digunakan dan diaplikasiakan di Provinsi Banten”. Ujar Supriyadi Selaku Ketua Komisi IV

Sistem Pemerintah berbasis Elektronik (SPBE) merupakan kebijakan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Sedangkan tata Kelola SPBE bertujuan untuk memastikan penerapan unsur-unsur SPBE secara terpadu, dengan unsur yang meliputi Rencana Induk SPBE Nasional, Arsitektur SPBE, Peta Rencana SPBE, rencana dan anggaran SPBE, proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, keamanan SPBE, dan layanan SPBE.

          Yus menjelaskan bahwa “SPBE sangat bisa menjadi sebuah peluang dalam mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, serta dapat meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk sama-sama mencapai tujuan, meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, dan menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik. Di Purwakarta sendiri untuk pengaduan masyarakat telah memiliki call center 112 yang dimana dapat dengan mudah digunakan, sehingga setiap aduan dapat terselesaikan dengan cepat”. (KY)

COMMENTS  0






RAPAT PERSIAPAN PENILAIAN INTERVIEW EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWAKARTA

 

Dinas komunikasi dan Informatika kab. Purwakarta dalam rangka meningkatkan Penyelengaraan

DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari