DISKOMINFO MENDUKUNG MALL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN PURWAKARTA DENGAN LAYANAN TIK

DISKOMINFO MENDUKUNG MALL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN PURWAKARTA DENGAN LAYANAN TIK

  • 2020-08-26 16:10:09
  • 222 view
  • Kicky Rizki

Berdirinya pelayanan terpadu yaitu Mal Pelayanan Publik (MPP), merupakan langkah perbaikan untuk sistem pelayanan publik di Indonesia. Mal Pelayanan Publik dianggap lebih progresif memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, dan swasta yang ada dalam satu gedung. Mal Pelayanan Publik (MPP) adalah suatu perjalanan pembaharuan sekaligus suatu langkah strategis sebagai bentuk perbaikan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta memiliki Program Prioritas salah satu dari program tersebut adalah Pelayanan publik. Untuk itulah Kualitas pelayanan publik tentu berhubungan dengan investasi, Pemerintah sebagai regulator, harus menyiapkan beberapa skema untuk meningkatkan investasi di daerah. Salah satu terobosannya adalah pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang memudahkan berbagai jenis urusan dan perizinan, ini juga merupakan wujud salah satu dari program priortitas Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Pada Era saat ini peran teknologi dinilai penting, termasuk program pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, keberadaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sangat besar untuk mensinergikan program pemerintah kabupaten Purwakarta, terutama dalam pelayanan publik. Dengan itulah peran Diskominfo Kabupaten Purwakarta untuk pelayanan publik khususnya di Mall Pelayanan Publik (MPP) sangatlah dibutuhkan dalam mendukung Layanan Teknologi Informatika (TIK) yang akan digunakan nantinya.

“Pelayanan dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi sebagai jawaban atas tantangan revolusi 4.0 yang saat ini sedang dihadapi dunia. Diharapkan dengan penggunaan teknologi informasi, tersedia pelayanan publik yang lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan” Ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta

Ida menambahkan, melakukan penyediaan sarana dan prasana teknologi dalam penerapan Sistem Informasi yang ada di MPP meliputi bangunan operasional yang difungsikan agar dapat menempatkan dan mengoperasikan peralatan TIK sesuai prosedur pelaksanaan, penyediaan peralatan dan perangkat TIK yang terdiri dari hardware/perangkat keras (penambahan jumlah dan peningkatan kemampuan komputer kerja, printer, dll), serta software/perangakat lunak yang berfungsi untuk memudahkan proses pengadministrasian data.

Sedangkan untuk Pemberdayaan Sumber Daya Manusia melalui proses pelatihan secara berkala sehingga terciptanya SDM yang handal di bidang TIK. Sedangkan Pemanfaatan TIK memiliki pengaruh yang sangat besar, yang tampak pada kemudahan kinerja organisasi dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya, dimana proses pengolahan dan Pengelolaan data telah dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi. (Ky)

 

COMMENTS  0






DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa,

DISKOMINFO SELENGGARAKAN SOSIALISASI WEBDESAKU

Dinas Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan webdesaku pada akhir bulan