PELUNCURAN DAN PERESMIAN TANDATANGAN DIGITAL  DALAM APLIKASI DALUWANG

PELUNCURAN DAN PERESMIAN TANDATANGAN DIGITAL DALAM APLIKASI DALUWANG

  • 2020-10-08 15:22:33
  • 218 view
  • Kicky Rizki

Masa pademi covid 19 ini secara tidak langsung telah menjadi faktor percepatan transformasi digital di Indonesia. Semangat dan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dalam tranformasi digital adalah yang aman dan terpercaya. Diskominfo hadir untuk membantu memudahkan penyelenggaraan administrasi dan terus meningkatkan kinerja agar terciptanya sebuah inovasi tata kelola Perangkat Daerah yang lebih baik. Bertempat di Bale Sawala Yudhistira, Rabu, 7 Oktober 2020, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaunching sebuah aplikasi tanda tangan digital yang diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dimasa pandemi Covid-19 ini.

Program digital ini diberi nama 'Daluwang' pemberian nama tersebut dari sebuah singkatan unik yaitu “Kendali Urusan ada di Awang-awang” merupakan aplikasi e-office terbaru yang dilengkapi fitur tanda tangan digital. Aplikasi ini sengaja dibuat untuk memudahkan kebutuhan kinerja pemerintahan yang efektif, efisien, dan akuntabel di tengah pandemi Covid-19 ini. Pemanfaatan tandatangan digital dalam aplikasi persuratan yang digunakan untuk berkirim surat secara elektronik antar SKPD, Kecamatan dan desa di Kabupaten Purwakarta. Sedangkan dasar hukum dari kegiatan ini sendiri adalah undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, dan peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam laporannya di Peresmian tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta Dra. Hj. Siti Ida Hamidah, MM mengatakan, sebagaimana kita ketahui dan alami bersama, bahwa aktifitas surat menyurat seringkali dihadapkan pada kondisi tidak terduga, yang dapat menghambat kelancaran dalam proses pembuatan sampai pengirimannya. Salah satu hambatannya adalah seperti masalah pejabat yang tidak ada di tempat, habisnya stok kertas sampai dengan kendala saat pengiriman surat. oleh karena itu, kami semakin mantap untuk menerapkan aplikasi daluwang versi terbaru dengan tambahan fitur tanda tangan digital di dalamnya.

“Manfaat sertifikat Elektronik banyak dimanfaatkan pada layananan tandatangan Elektronik. Hal ini membuktikan bahwa potensi layanan sangat tinggi, baik untuk proses ekonomi, keuangan, perizinan investasi, perpajakan, kesehatan masyarakat dalam hal ini Rumah sakit, pendidikan, adminstrasi pemerintahan dan kemudahan birokrasi pemerintahan pada umumnya. Ujarnya

Turut hadir sekaligus meresmikan Aplikasi Daluwang Bupati Purwakarta. Dalam pidatonya, Bupati Purwakarta Anne ratna Mustika mengapresiasi apa yang telah dilakukan dan dipersiapkan sebaik mungkin oleh Dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) Kabupaten Purwakarta."kita selalu berharap terus bermunculan inovasi-inovasi yang dibarengi dengan kreatifitas tinggi dari jajaran PD (Perangkat Daerah) dan unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta lainnya. hari ini Diskominfo Purwakarta melakukan hal itu dan harus kita apresiasi," Imbuh Anne

Pemanfaatan Sertifikat Elektronik terbukti meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan data administrasi perkantoran hingga pelayanan masyarakat dengan kemudahan proses birokrasi hemat waktu serta berkurangnya pemakaian kertas. Semoga dengan penggunaan Tandatangan Elektronik pada Aplikasi Daluwang ini dapat diimplementasikan dengan baik sesuai dengan ruang lingkupnya sehingga penyelenggaraan Sistem Layanan berbasis Elektronik dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih efektif transparan akuntabel serta layanan publik yang berkualitas dan terpercaya. (Ky)

 

COMMENTS  0






DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa,

DISKOMINFO SELENGGARAKAN SOSIALISASI WEBDESAKU

Dinas Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan webdesaku pada akhir bulan