PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR  SUDAH BISA DI DESA

PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SUDAH BISA DI DESA

  • 2021-01-04 16:31:18
  • 256 view
  • Kicky Rizki

Inovasi layanan untuk pembayaran kendaraan bermotor berbasis Android dibuat oleh BAPENDA Jawa Barat Aplikasi yang diberi nama Sambara, dapat memudahkan masyarakat melakukan melakukan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor di Wilayah Jawa Barat. Dengan hadirnya Sambara, Wajib Pajak dapat mengakses dan mengetahui Pajak Tahunan kendaraan bermotor di mana saja dan kapan saja. Bahkan di luar negeri pun, Wajib Pajak masih dapat melakukan Pembayaran Pajak Tahunan. Serta Bisa dilakukan dari rumah, sambil bekerja, dan aktivitas lainnya.

Adanya Aplikasi “Sambara” yang dibuat oleh Bapenda Jawa Barat para wajib Pajak dapat melakukan pengecekan kendaraan bermotor di Wilayah Jawa Barat. Dengan hadirnya Aplikasi berbasis Android sangat memudahkan warga mengetahui pajak kendaraan bermotor, akan tetapi kemudahan informasi ini harus dibarengi dengan kemudahan untuk membayar pajak tersebut tanpa harus ke kantor samsat yang mungkin terkendala jarak bagi warga yang berada diluar wilayah perkotaan. Oleh karena itulah Bapenda Jawa barat Wilayah Kabupaten Purwakarta menggandeng Diskominfo Kabupaten Purwakarta serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, menjalin kerjasama agar layanan pembayaran kendaraan bermotor dapat dilakukan di desa.

Website webdesaku ini dibangun Pemerintah Daerah Kab. Purwakarta melalui Diskiminfo untuk 183 desa di Kabupaten Purwakarta, masing-masing desa diberikan domain dengan nama desanya. Diskominfo Kabupaten Purwakarta menjadi mitra Bapenda Kantor Wilayah Kabupaten Purwakarta untuk memberikan layanan dengan memasang Aplikasi Sambara kedalam Konten Website webdesaku. Hadirnya Aplikasi Sambara tersebut, diharapkan dapat menjadi sarana Informasi yang tersampaikan dengan mudah kepada masyarakat dan menjadi sarana pemasaran / marketingnya pemerintah Daerah Kab. Purwakarta. ini adalah layanan untuk warga dari desa yang mudah dijangkau hingga warga yang ada didesa tidak terjangkau.

Sedangkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, yang merupakan pembina bagi desa-desa hadir memberikan layanannya dengan mengajak Bumdes sebagai sarana pengembangan usaha yang dimiliki Bumdes. Bagi warga yang akan membayar pajak bisa datang ke kantor bumdes terdekat didesanya, dengan memberdayakan Aplikasi yang ada di Android tersebut. Bumdes akan medapatkan keuntungan disetiap transaksinya.

Reni Astati, S.STP., M.M selaku Kasi Pendataan dan Penetapan menjelaskan, “Proses Pembayaran Kendaraan Bermotor dimulai dari mengunduh Aplikasi di Andorid kemudian Aplikasi tersebut dapat menampilkan informasi pajak kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di Jabar secara online dengan memasukan nomor kendaraan. Setelah Informasi besaran pajak didapat kemudian warga mendapatkan kode bayar untuk selanjutnya dilakukan pembayaran di Bumdes melalui Aplikasi masago (BJB)”.

“Masyarakat tidak perlu susah untuk mengetahui berapa Pajak Kendaraan yang harus dibayar, dengan menggunakan Aplikasi “Sambara” dari Bapenda ini akan lebih Praktis, Ekonomis, Cepat dan Lengkap.” Ujar Reni (KY)

COMMENTS  0






DISKOMINFO ADAKAN RAPAT PERSIAPAN TINJAUAN LAPANGAN EVALUASI PROGRAM SMART CITY 2021

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar Rapat

PERPUSTAKAAN DIGITAL SOLUSI BACA DIKALA PANDEMI

Pada era informasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi telah menjadi

WEBDESAKU MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI BAGI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bertempat di Taman Maya Datar Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pada hari

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa,

DISKOMINFO SELENGGARAKAN SOSIALISASI WEBDESAKU

Dinas Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan webdesaku pada akhir bulan