PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK  PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

PENINGKATAN KAPASITAS PPID UNTUK PENYEDIAAN INFORMASI YANG TEPAT, AKURAT DAN TERBUKA

  • 2021-03-24 16:20:47
  • 536 view
  • Kicky Rizki

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Selasa, 23 Maret 2021 bertempat di Hotel Grand Situ Buleud menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas PPID di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta. Acara tersebut dibuka oleh Bupati Purwakarta dan dihadiri oleh para Kepala Dinas, Camat dan tamu undangan.

Dalam arahannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan seluruh Perangkat Daerah dapat menyamakan persepsi dalam menyajikan informasi kepada masyarakat, khususnya persepsi di level Kepala Dinas dan Sekretaris.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Drs. H. Iyus Permana, MM berpesan mengenai pentingnya penguatan komitmen Badan Informasi Publik untuk terus konsisten menyediakan informasi yang akurat, transparan dan akuntable di seluruh badan publik di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kominfo Purwakarta Dra. Hj. Siti Ida Hamidah, MM

dalam arahan teknisnya menyampaikan bahwa untuk mempublikasikan informasi tidak harus melalui serangkaian proses yang panjang. Informasi disediakan tanpa harus diminta. Ida menambahkan, kedepannya untuk memenuhi pelayanan Informasi yang akurat, setiap Perangkat Daerah seharusnya memiliki website khusus PPID sehingga tidak tergabung dengan website badan publik.

Adapun nara sumber dalam kegiatan ini yaitu Koordinator Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi pada Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Dadan Saputra, S.Pd, M.Si. dengan materi Mekanisme Pelayanan Informasi Publik. Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik pada Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman, S.STP. dengan materi Peran Perangkat Daerah dalam Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik.

Berdasarkan UU No.14 tahun 2008 dan Peraturan Komunikasi Informasi bahwa, setiap orang berhak mendapatkan Informasi Publik. Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menggaris bawahi bahwa Informasi adalah hak individu warga. Semua informasi bukan rahasia kecuali yang dirahasiakan.(Ky)

COMMENTS  0






WEBDESAKU siap mendukung desa untuk mendunia

 

Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Aplikasi Informatika mengadakan kegiatan Pelatihan

RAKOR POLA HUBUNGAN KOMUNIKASI SANDI UNTUK TINGKATKAN PERHATIAN PERANGKAT DAERAH PADA PERSANDIAN DAN

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Statistik dan

SAMBUT HARI JADI, DISKOMINFO PURWAKARTA LANJUTKAN PROGRAM PEMERINTAH DAERAH MENYANTUNI ANAK YATIM

 

Kabupaten Purwakarta melakukan serangkaian peringatan Hari Jadi Purwakarta yang ke-191

BANK INDONESIA DAN DISKOMINFO PURWAKARTA BERKOORDINASI SIAPKAN APLIKASI SUPER APPS

 

Demi mewujudkan pelayanan masyarakat yang optimal dan mudah, Diskominfo Purwakarta

DISKOMINFO GELAR RAPAT LANJUTAN INTEGRASI APLIKASI LAYANAN PUBLIK

 

Pesatnya perkembangan teknologi membawa digitalisasi ke segala sektor kehidupan termasuk