TIM KOORDINASI ADAKAN RAPAT EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWAKARTA TAHUN 2022

TIM KOORDINASI ADAKAN RAPAT EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWAKARTA TAHUN 2022

  • 2022-01-11 15:52:25
  • 947 view
  • Kicky Rizky

Bertempat di Aula Janaka Sekretariat Daerah Kab. Purwakarta (11/01/2022) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta, mengadakan Rapat Evaluasi Persiapan Penilian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan indeks SPBE di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Rapat yang dilaksanakan tersebut dibuka langsung oleh Plt. Kepala Diskominfo Kab. Purwakarta Rudi Hartono, S.Ap. Hadir dalam rapat Sekretaris Daerah Kab. Purwakarta Drs. H. Iyus Permana, MM dan TIM Koordinasi SPBE yang terdiri dari Inspektur Inspektorat Daerah, Asda Bid. Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asda. Bid. Perekonomian dan Pembangunan, Asda. Bid. Administrasi Umum, Staff Ahli Bid. Pemerintahan, Hukum dan Kesra, Bappe-Litbangda, BKAD, DPMPTSP, BKPSDM, Diskominfo, Disdukcapil, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Pendidikan, Disporaparbud, Dinas Kesehatan, DPKPB, DinsosP3A, Bappenda, dan RSUD Bayu Asih.

Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta menyampaikan, bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam TIM Koordinasi SPBE, agar memperhatikan setiap indikator-indikator dalam penilaian SPBE harus bisa terpenuhi supaya dapat meningkatkan indeks SPBE Kab. Purwakarta. Demi meningkatkan pemahaman di setiap indikatornya maka setiap OPD yang terlibat harus memaparkan program yang dapat  menunjang indikator SPBE serta menentukan Pelayanan Internal dan Eksternal pada OPD nya masing-masing.

Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik memiliki beberapa unsur domain yaitu, Domain Kebijakan SPBE meliputi Kebijakan Internal terkait Tata Kelola SPBE, Domain Tata Kelola SPBE meliputi (Perencanaan Strategis SPBE dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penyelnggaraan SPBE), Domain Manajemen SPBE meliputi (Penerapan Manajemen SPBE dan Audit TIK), Domain Layanan SPBE meliputi (Layanan Administrasi Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Layanan Publik Berbasis Elektroni). Namun demikian dari ke empat domain yang ada, Untuk Evaluasi SPBE tahun 2022 Kabupaten Purwakarta TIM Koordinator berfokus pada Penerapan Manajemen SPBE dan Audit TIK.

Adapun rapat ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan SPBE, Khususnya pada kebijakan SPBE, Pelaksanaan tata kelola SPBE serta penerapan layanan SPBE ini diharapakan bisa meningkatkan pelayanan administrasi pemerintahan dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan yang pada akhirnya akan meningkatkan Indeks SPBE Kab. Purwakarta sesuai dengan apa yang diharapkan. (Ky)

 

 

 

COMMENTS  0






SIARAN PERS TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA WORLD WATER FORUM KE-10 NO.08/SP/TKM-WORLDWATERFORUM2024/04/20

Indonesia memajukan hydro-diplomacy melalui penyelenggaraan Forum Air Sedunia atau World Water Forum

[SIARAN PERS] Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025

Rabu, 06 Maret 2024, Diskominfo Kabupaten Purwakarta menghadiri Musyawarah Perencanaan