MENGGIATKAN KEAKTIFAN DESA DENGAN FASILITAS WEBSITE

MENGGIATKAN KEAKTIFAN DESA DENGAN FASILITAS WEBSITE

  • 2020-02-13 13:58:09
  • 1506 view
  • Jajang Sumardi

Sistem informasi desa atau yang biasa disebut dengan SID merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola data di desa. SID yang baik dirancang sebagai alat dukung untuk pelayanan di kantor desa. Fungsi yang dapat dilakukan antara lain administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, inventarisir aset kantor desa, inventarisir sarana prasaranan di desa, pengelolaan anggaran desa, layanan publik, dan lain sebagainya.

Desa sendiri memiliki peran penting dalam mendorong masyarakatnya untuk terus melakukan inovasi baik dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, hingga teknologi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan masyarakat desa. Untuk itulah demi berkembangnya desa di Kabupaten Purwakarta Diskominfo memfasilitasi dengan membuat Sistem Informasi yaitu website yang diperuntukan khusus untuk desa. Website desa dapat digunakan diantaranya untuk media pelayanan publik dan manajemen informasi desa. Karena bersifat online, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi seperti berita desa, transparasi dana desa, dan e-Commerce atau lapak online.

Pada hari Rabu, 12/02/2020 bertempat di Dinas PMD Diskominfo Purwakarta bidang Aptika mengadakan koordinasi untuk ekspose atau menyampaikan informasi terkait pembuatan website. Yus Djunaedi Rusli, selaku kepala bidang Aptika mejelaskan bahwa “Pemerintah kabupaten Purwakarta melalui Dinas Kominfo ingin memberikan pelayan Publik yang paripurna, website ini diberikan tanpa harus membebani desa dengan biaya untuk pembuatannya karena sudah tugas pemerintah daerah memberikan fasilitas demi sebuah kemanfaatan bagi warga. Selain itu, Website desa dibangun dengan tujuan sebagai media pelayanan publik resmi desa, yang dibangun dan dikelola oleh tim desa setempat. Dengan memanfaatkan website penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilakukan secara cepat dan mudah”.  

“Kami Dinas pemberdayaan Masyrakat Desa menyambuat baik dengan dibangunnya sistem informasi atau website ini, dengan perkembangan digitalisasi saat ini pemerintah bisa hadir lebih dekat dengan masyarakat khususnya yang ada di desa. Selain itu dengan adanya website ini yang didalamnya akan ada menu e-Commerce atau lapak online, akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat”. Ujar Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa, Jaya Pranolo, S.STP, M.Si

Dengan adanya e-commerce atau lapak online juga dapat mengurangi pengangguran, karena masyarakat semakin bersemangat untuk memulai bisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar. Hal itu juga berpengaruh dengan meningkatkan daya kreatifitas masyarakat. Berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggerakan perdagangan khususnya bagi para pelaku usaha kecil. (Ky)

 

COMMENTS  0






SIARAN PERS TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA WORLD WATER FORUM KE-10 NO.15/SP/TKM-WORLDWATERFORUM2024/04/202

Delegasi Utama World Water Forum Bebas dari Pungutan Wisman

*Jakarta, 26

SIARAN PERS TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA WORLD WATER FORUM KE-10 NO.14/SP/TKM-WORLDWATERFORUM2024/04/202

World Water Forum ke-10 Majukan UMKM dan Pariwisata Indonesia

Jakarta, 26

SIARAN PERS TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA WORLD WATER FORUM KE-10 NO.08/SP/TKM-WORLDWATERFORUM2024/04/20

Indonesia memajukan hydro-diplomacy melalui penyelenggaraan Forum Air Sedunia atau World Water Forum